tools animasi yang berbasis open source “BLENDER”





tools animasi yang berbasis open source “BLENDER”

Untuk tugas ketiga ini, disini saya akan menuliskan artikel secara singkat tentang Aplikasi Blender. Blender adalah aplikasi grafis 3D gratis yang dapat digunakan untuk pemodelan, membuka bungkusan UV, texturing, rigging, air dan simulasi asap, menguliti, animasi, rendering, partikel dan simulasi lainnya, non-linear editing, compositing, dan membuat aplikasi 3D interaktif, termasuk video game, film animasi, atau efek visual.

Blender juga salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki Game Engine sendiri dan menggunakan Python. S Sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbangmenggunakan C++,C, dll. Blender menggunakan OpenGL sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS X. Saat ini Blender sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.49 yang lebih ditujukan untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki fitur-fitur baru yang dirancang untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya. Blender 2.49 memiliki fitur baru seperti: Video Texture, Real-time GLSL, Material, Game Logic, Bullet SoftBody, Python Editor, Multilayer Textures, Physics, Render Baking dan Normal Mapping, dan lain-lain. History Blender, pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan diEropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal. Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis-artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita-cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.

Disini saya menerangkan sedikit tools pada blender yaitu Transform Manipulator Mode (simbol segitiga merah) digunakan untuk mengambil objek. Rotate Manipulator Mode (simbol lingkaran hijau) digunakan untuk merotasi objek. Scale Manipulator Mode (simbol persegi biru) digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek. Transform Orientation digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi. Rotating / Scalling Pivot (simbol titik hitam beserta tanda panah), pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point. Blender juga menyediakan berbagai macam tampilan View Port, diantaranya: Animation, Model, Material, Sequenc, Scripting.

Blender yang hadir sebagai software 3D Open Source alias gratis, mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan software 3D lainnya yang berbayar. Tapi tidak menutup kemungkinan juga Blender mempunyai kelemahan.

Ini adalah Kelebihan Blender 3D, Interface yang user friendly dan tertata rapi, Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun, dan sistem operasi yang lainnya. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas. File Berukuran kecil. Free (gratis).

Interface pada Blender secara umum adalah mempunyai revolusioner yang tidak tumpang tindih dan non-blocking UI memberikan alur, kerja tak tertandingi. Fleksibel dan bisa diatur tata letak jendela dengan layar setup sebanyak yang anda suka, dengan dukungan terjemahan internasional. Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva editor, NLA, tampilan 3D dll), text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python, text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python, Custom tema, Antarmuka konsisten di semua platform.

http://apvalentine.students.uii.ac.id/tutorial-blender-membuat-animasi-3d-permainan-baseball-tugas-akhir-grafika-komputer/

http://motionstudio.wordpress.com/blender/

http://www.blendermagz.org/

0 komentar:

Posting Komentar