Tentang OGRE

Definisi Tentang OGRE

OGRE singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine. Dari namanya saja kita telah dapat mengetahui bahwa OGRE adalah salah satu engine grafik 3D yang berorientasi kepada objek. OGRE itu sendiri ditulis dalam bahasa C++. Engine grafik 3D tersebut dapat kita gunakan untuk membuat game karena OGRE memang didesain sedemikian rupa untuk tujuan berikut. Untuk merender grafis tiga dimensinya, OGRE menggunakan library atau pustaka Direct3DdanOpenGL.

OGRE memiliki komunitas yang sangat aktif dan telah terdaftar di proyekSourceforge.net dari bulan Maret 2005. OGRE telah digunakan dalam beberapa permainan komersial seperti Ankh dan Torchlight. OGRE versi 1.0.0 ( “Azathoth”) diluncurkan pada Februari 2005. Sedangkan untuk versi terkini dalam seri 1.xy adalah 1.7.0 ( “Cthugha”), dirilis pada tanggal 31 Desember 2009. OGRE dirilis dengan lisensi MIT.

OGRE (Object – Oriented Graphics Rendering Engine) adalah engine yang object oriented dan flexibel 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu men-develop dengan intuitif dan mudah kepada aplikasi produk dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. OGRE menggunakan library seperti Direct3D dan OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia object dan class object yang lebih tinggi.

Fitur-fitur yang terdapat pada OGRE adalah sebagai berikut :

· Berorientasi objek dan memiliki arsitektur plugin yang memungkinkan OGRE menjadi sangat modular.

· Multiplatform dengan dukungan OpenGL dan Direct3D.

· Mendukung Vertex dan Fragment Shader.

· Debugging dan Loading File.

· Memiliki compositing manajer dengan bahasa scripting dan layar penuh postprocessing untuk efek seperti HDR, mekar, kejenuhan, kecerahan, dan lain-lain.

· Adanya utilitas untuk mengkonversi ke file object OGRE (*.mesh) dari program 3D terkenal, misalnya Blender, Maya, 3DS Max, dan lain-lain.

Sejarah OGRE :

· Berawal dari tahun 1999 merancang perpustakaan yang ada API dan platform independennya.

· Kemudian 25 Februari 2000 mendaftarkan proyek Sourceforge dengan nama OGRE.

· Februari 2005 dirilislah Ogre v1.0.0

· Maret 2005 Ogre adalah ‘Project of the Month’ di Sourceforge

· 4 November 2005 Ankh dilepaskan sebagai produk komersial pertama menggunakan Ogre

· 7 Mei 2006 Ogre 1.2 “Dagon” secara resmi dirilis

· 25 Maret 2007 Ogre 1.4 “Eihort” secara resmi dirilis

· 28 Agustus 2008 Ogre 1.6 “Shoggoth” secara resmi dirilis (Saat ini 1.6.5 Stable Release)

· 31 Desember 2009 1,7 ogre RC1 “Ctchugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Pre Release)

· 28 Februari 2010 Ogre 1.7 “Cthugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Stable Release)

Untuk dapat memakai OGRE, kita harus menggunakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) tersendiri. Ini dikarenakan bahwa OGRE itu sendiri hanya bersifat sebuah engine yang terdiri dari berbagai macam pustaka (library) didalamnya. IDE yang dapat menggunakan OGRE hanya ada beberapa saja. IDE-IDE tersebut antara lain Microsoft Visual C++, Code::Blocks, dan Eclipse.

www.ogre3d.org/

eng-liebhaber.blogspot.com/2010/03/ogre.html

http://gameprogramming.blog.ittelkom.ac.id/blog/2009/11/30/ogre-3d-animation/

http://en.wikipedia.org/wiki/OGRE

http://osum.sun.com/group/universitasislamindonesia/forum/topics/2181626:Topic:451317

http://azerdark.wordpress.com/2008/08/08/game-programming-with-ogre-3d/

0 komentar:

Posting Komentar