PROGRAMMER GAME and TEAM

PROGRAMMER GAME and TEAM

Programmer disini adalah peran utama dalam pembuatan game. Programmer inilah yang akan membuat coding untuk game tersebut. Tidak hanya membuat coding biasa namun juga harus bisa menyesuaikan antara coding dengan karakter dan lingkungan yang telah dibuat terlebih dahulu oleh divisi lainnya, namun tidak selamanya juga yang paling penting, karena tapa adanya divisi designer, artis, dan composer. Programmer tidak akan bisa melakukan pembuatan game tersebut. Kenapa, karena bila dalam sebuah game tidak ada character yang dibuat oleh Artist, maka programmer tidak akan bisa menjalankan sebuah game, karena character itu sendiri merupakan inti sebuah game. Dengan adanya character dan yang lainnya, barulah programmer bisa menambahkan event-event atau apapun yang berguna untuk sebuah game. Disini saya akan menerangkan orang yang terlibat dalam pembuatan sebuah game disebut team and development game. Team tersebut bekerja berdasarkan profesinya masing-masing sesuai divisinya. Game harus dibuat secara menarik, tidak membosankan, dan dibuat agar pemakai bisa mudah memainkannya. Oleh sebab itu diperlukan tim yang solid untuk membuat sebuah game. Disini penjelasan team and development game:

· Artificial intelligence programmer: programmer AI berfungsi untuk mengembangkan logika yang ada pada sebuah game tersebut.seperti permainan strategi seperti Civilization III atau RPG seperti The Elder Scrolls IV: Oblivion, gunakan AI berat, sementara yang lain, seperti puzzle game penggunaannya relative sedikit atau tidak sama sekali.

· Game physics programmer: Bagian ini bertugas mempelajari dan mengembangkan tampilan fisik dari suatu permainan. Intinya adalah mentransformasikan dunia nyata kedalam sutu game atau permainan. Biasanya permainan yang menampilkan tampilan fisik dari duninya nyata seperti similasi gravitasi, cepretan air, kebakaran, dan masih banyak lagi

· Sound programmer: Pemrograman suara telah menjadi andalan game pemrograman sejak zaman Pong. Sebagian besar permainan menggunakan audio, dan banyak memiliki skor. Sound programmer bisa dilatih atau memiliki latar belakang formal dalam pemrosesan sinyal digital.

· Graphics programmer: Programmer yang mengkhususkan diri dalam bidang ini pengembangan permainan dapat menuntut upah tinggi dan biasanya merupakan komoditas langka. Keahlian mereka dapat digunakan untuk permainan komputer maupun game untuk konsol game seperti PlayStation 3, Nintendo DS, PSP, Wii dan Xbox 360.

· Gameplay programmer: Seorang game programmer lebih memfokuskan pada strategi permainan, pelaksanaan permainan teknik dan logika, sehingga para pemain game akan terlibat sebuah permainan

· Scripter: Penulis skenerio akan menulis kode untuk membuat semua konten dalam permainan-jika pemain yang seharusnya untuk menembak musuh tertentu, dan sebuah tombol merah yang seharusnya muncul bersama beberapa teks pada layar, maka fungsi ini adalah semua ditulis sebagai bagian dari program inti di C atau bahasa assembly oleh Sripter programmer.

· UI programmer: Programmer ini mengkhususkan dalam pemrograman user interface (UIS) untuk permainan. UI lanjutan sistem dapat memungkinkan scripting dan efek khusus, seperti transparansi, animasi atau efek partikel untuk kontrol.

· Network programmer: Programmer ini menulis kode yang memungkinkan para pemain bersaing satu sama lain (atau bermain bersama-sama) yang terhubung melalui LAN atau internet (atau dalam kasus-kasus langka, langsung terhubung melalui modem).

· Lead game programmer: Programmer yang memimpin akhirnya bertanggung jawab atas semua program untuk permainan. Ini adalah tugas mereka untuk memastikan berbagai permainan submodules diimplementasikan dengan baik serta untuk melacak pembangunan dari sudut pandang pemrograman.

Refrensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

http://gerbangtekhnologi.blogspot.com/2011/02/team-pembuatan-game.html

http://www.docstoc.com/docs/54614384/Membuat-Game-Sendiri-I

http://styaaje.wordpress.com/2010/02/25/game-part-ii-game-technology/

http://www.indomanga.com/index.php?topic=1314.0

0 komentar:

Posting Komentar